siberaceh.com

Siberaceh

 

Gayo Lues, SiberAceh.com – Pelaksana tugas (Plt) Sekda Gayo Lues (Galus), Jata, SE, MM, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Pelaksanaan Advokasi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba, Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa, Kamis 8 Juni 2023.

Kegiatan yang dimulai sekira pukul 09.00 WIB itu, berlangsung di Café Black Kupi Desa Penggalangan Kecamatan Blangkejeren.

Dalam sambutannya, Plt Sekda Gayo Lues, Jata, S.E, M.M, menyampaikan, Desa Bersinar adalah satuan wilayah setingkat Kelurahan / Desa yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), yang dilaksanakan secara masif.

Pelaksanaan advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan Desa di Kabupaten Gayo Lues, diharapkan dapat terwujud dengan komitmen bersama, dan  berjalan dengan lancar pada akhirnya.

Jata juga mengapresiasi, program yang dilaksanakan BNNK Gayo Lues, terlebih menghadirkan para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pengulu, yang seyogyanya berinteraksi dengan masyarakat, sehingga upaya P4GN ini dapat dilaksanakan secara massif.

“Kami mengucapkan terima kasih atas berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan BNNK Gayo Lues ditengah-tengah masyarakat. Terlebih memberikan pelatihan Life Skill, yang dimaksudkan sebagai salah satu keterampilan hidup yang di berikan kepada masyarakat, dengan harapan mampu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jata juga menginformasikan, saat ini Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Kesbangpol telah menyusun Tim terpadu P4GN tahun 2022, sebagai payung hukum dalam mencegah dan memberantas narkoba. Lahirnya regulasi ini guna mendukung program P4GN, sebutnya.

Ditempat yang sama, Kepala BNN Kabupaten Gayo Lues, Fauzul Iman, ST, M.Si, mengatakan, maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba terus meningkat. Hal ini dipengaruhi dengan terus berkembangnya modus operandi dan strategi yang semakin canggih dan fariativ.

Untuk itu program ini fokus pada penguatan ketahanan keluarga, dengan kata lain implementasi Desa Bersinar sesuai dengan SK Bupati Gayo Lues Nomor 414.13/455/2022, tentang Penetapan Kampung Bersih Narkoba (Bersinar).

“Guna menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dari Penyalahgunaan Narkoba, program ketahanan keluarga anti narkoba diharapkan dapat menjadi salah satu inovasi strategis dalam penguatan program P4GN, terutama sebagai langkah implementasi penerapan program P4GN yang dapat di terima langsung manfaatnya oleh masyarakat secara umum dan keluarga secara khusus, untuk mewujudkan Gayo Lues yang Islami Mandiri dan Sejahtera,” ungkap Fauzul.

Fauzul juga menjelaskan, terkait program GDAD pihaknya sudah membangun kemitraan dengan PT. Ujang Jaya International, yang merupakan implementasi Misi ke 6 GDAD, yaitu menyatukan dan menggerakkan potensi masyarakat melalui kemitraan dan sinergi.

“Kerjasama dengan PT. Ujang Jaya Internasional, Starbuck dan Koperasi CGML (Cofe Gayo Mountain Leuser), diharapkan mampu mendongkrak PAD Kabupaten Gayo Lues serta berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Gayo Lues,” terangnya.

Selain Plt Sekda dan Kepala BNNK Gayo Lues, kegiatan tersebut juga dihadiri, Kaban Kesbangpol, Kadis PMK, beberapa Babinsa dan Babinkamtibmas, para Pengulu dan para perangkatnya.

Bahkan para peserta kegiatan tersebut, juga diberikan beberapa materi oleh nara sumber, diantaranya, Plt Sekda Gayo Lues, Jata, tentang Fasilitasi Pemerintah Daerah dalam Upaya Mewujudkan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba, kemudian Kaban Kesbagpol, Muhammad Nuh, tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana Ketahanan Keluarga Anti Narkoba serta Kadis PMK, Sartika Maya Sari, tentang Kampung dan Ketahanan Keluarga Bersinar. (Seno)

Previous Post Next Post