siberaceh.com

Siberaceh

 

Gayo Lues, SiberAceh.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues (BNNK Galus), menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terhadap petugas agen pemulihan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), Desa Raklunung Kecamatan Blangkejeren, bertempat di Kafe D&J.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman, ST, M.Si, Rabu 7 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Kepala BNNK Gayo , Fauzul Iman, menjelasan, saat ini penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba sudah merambah hingga ke pelosok desa. Untuk itu program IBM ini membuka kesempatan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan edukasi terhadap pengguna narkoba.

“Pada umumnya, penyalahgunaan narkoba di pedesaan dikategorikan rendah. Untuk itu, dalam rangka menghambat peredaran narkoba di desa meningkat, program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) ini kita galakkan, guna memberikan kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi, memberikan edukasi pada masyarakat, terutama kaula muda agar menjauhi narkoba,” paparnya.

Dia juga menjelaskan, program IBM ini dimaksudkan untuk menangani resiko penyalahgunaan narkoba tingkat ringan atau layanan bina lanjut. Sedangkan untuk risiko sedang dan berat, dapat melaporkan kepada BNNK Gayo Lues.

“Petugas IBM secara langsung akan berinteraksi dengan pengguna narkoba, keluarga dan masyarakat, sehingga intervensi yang dilakukan tim IBM, menjadi lebih efektif dalam mewujudkan Desa Bersih Narkoba (Bersinar),” tuturnya.

Ditempat yang sama, Pj Sie Rehabilitasi BNNK Gayo Lues, Sentosa Abadi, S. Kep, menyampaikan, kegiatan Intervensi Berbasis Masyarakat ini dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti tim AP unit IBM Desa Raklunung.

“Nantinya tim Agen Pemulihan ini dapat menjadi perpanjangan tangan BNN, dalam melayanani penyalahgunaan narkoba yang tingkat kategori ringan,” pungkasnya. (Seno)

Previous Post Next Post