siberaceh.com

Siberaceh

Pidie Jaya, SiberAceh.com – Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar Festival Kuliner di Kabupaten Pidie Jaya, tepatnya di Kota Meureude.

Alhasil, arena festival kuliner yang dipenuhi para pedagang kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Pidie Jaya, disesaki para pengunjung.

Namun demikian, dari sekian banyak kuliner yang tampil di acara Kuliner Fest Pidie Jaya, ada satu kuliner yang menjadi perhatian pengunjung yakni, Mie Caluek Urab Kak Ita, karena rasanya yang lezat dan menggugah selera.

Perlu diketahui, Mie Caluek Urab olahan Kak Ita ini, berbahan dasar Mie Lidi yang direbus dengan air mendidih selama lebih kurang 50 menit. Setelah itu didiamkan selama beberapa waktu agar Mie tersebut dingin.

Sambil menunggu Mie didinginkan, selanjutnya diolah bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, gula aren, garam, cabe merah serta bahan bumbu lainnya. Kemudian, bahan yang sudah dipersiapkan itu dilumatkan dengan blender.

Untuk menimbulkan cita rasa yang berbeda, maka bumbu yang sudah dilumatkan, direbus dengan air mendidih, sehingga hasil bumbu olahan ini siap disajikan sebagai kuah bersama dengan Mie lidi yang sudah didinginkan.

Tak sampai disitu, untuk menambah kenikmatan rasa, Mie Caluek Urab Kak Ita ini, ditambah pula dengan sayur-sayuran, seperti daun singkong dan kacang panjang yang sudah direbus, ditambah untuk keindahan tampilan maka kerupuk sebagai penutup penyajian.

Jadi tunggu apalagi, bagi kamu yang penasaran dengan kelezatan Mie Caluek Urab Kak Ita, maka datang saja di arena Fest Kuliner Pidie Jaya, yang berada di halaman Kantor Camat Kota Meureudu Kabupaten Pidie Jaya.

Anita, owner Mie Caluek Urab menyebutkan, kegiatan Fest Kuliner Khas Daerah ini sangat bermanfaat terhadap pelaku UMKM, selain bisa memunculkan makanan khas daerah, juga bisa memunculkan pelaku usaha kuliner lain.

“Kalau bisa acara seperti ini digelar 3 bulan sekali dalam setahun,” pinta Anita yang sudah berdagang Mie Caluek Urab sejak tahun 2019 lalu. (Herry)

Previous Post Next Post